Informasi penting untuk warga Desa Kedunggudel, menghimbau untuk memperbaharui data kependudukan melalui aplikasi dan pengajuan pengguna ke kasi pemerintahan

Artikel

Tips Agar HP Tidak Cepat Panas dan Boros Baterai

06 Februari 2024 09:31:21  TRI BANGUN SETIAWAN  12 Kali Dibaca  Berita Nasional

Handphone (hp) yang cepat panas (overheating) akan membuat baterainya cepat habis. Sebagai solusi, ada beberapa cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai yang bisa kamu terapkan.
Hp yang mengalami overheating tentu tidak bisa dibiarkan dan terus-menerus digunakan. Selain cepat menghabiskan daya dan menurunkan performa hp, ada risiko hp meledak apabila kondisi ini dibiarkan. 


9 Cara agar Baterai Hp Tidak Cepat Habis saat Bepergian

Melansir dari laman Norton dan sumber lainnya, berikut beberapa tips yang dapat membantumu mengatasi hp yang cepat panas.

1. Pastikan aplikasi selalu update
ad
Aplikasi yang belum update biasanya memiliki lebih banyak bug di dalam sistemnya. Bug inilah yang kemudian menyebabkan aplikasi bekerja dengan lebih lambat. Tidak hanya itu, aplikasi akan membutuhkan lebih banyak energi untuk beroperasi.

Pada akhirnya, kedua hal di atas akan menyebabkan baterai hp bekerja terlalu keras dan mengalami overheating. Oleh sebab itu, penting untuk memperbarui aplikasi di ponsel secara berkala.

2. Hindari paparan matahari langsung
Paparan cahaya matahari langsung juga dapat menyebabkan hp overheating. Maka, jangan biarkan ponsel terpapar matahari dalam waktu yang lama. Pastikan untuk menyimpannya di tempat teduh setiap sedang tidak digunakan.

3. Isi daya ponsel di tempat yang sejuk dan datar
Tips agar HP tidak cepat panas berikutnya adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan dingin ketika sedang mengisi daya. Hindari meletakkan hp yang sedang dicas di atas kasur, bantal, selimut, atau permukaan empuk lainnya.

Permukaan empuk seperti bantal dapat menyebabkan suhu panas terjebak di dalam hp. Pada akhirnya, situasi ini akan membuat baterai mengalami overheating dan berisiko meledak.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan
Menumpuknya background apps juga bisa menyebabkan hp mengalami overheating. Ini karena aplikasi-aplikasi tersebut akan turut mengonsumsi energi ponsel sehingga sistem bekerja lebih keras.

Karena itu ketika sudah selesai menggunakan sebuah aplikasi, jangan hanya keluar dari laman utamanya. Pastikan kamu juga menutupnya di jendela background apps.

5. Sesuaikan tingkat kecerahan layar
Tips berikutnya adalah mengatur tingkat kecerahan layar ponsel. Semakin terang tingkat kecerahan layar, maka akan semakin banyak energi yang diperlukannya. Inilah yang kemudian membuat ponsel mengalami overheating.

Sebagai catatan, layar yang terlalu terang juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Matamu juga akan menjadi lebih cepat lelah ketika menatap layar. Karena itu, penting untuk selalu menyesuaikan tingkat kecerahannya.

6. Nyalakan Airplane Mode
Terakhir, kamu bisa menyalakan Airplane Mode setiap akan tidur. Dengan begitu, ponsel tidak akan terus-menerus bekerja keras ketika kamu sedang beristirahat.

Pasalnya, di malam hari fitur yang kamu butuhkan biasanya hanyalah jam dan alarm.

7. Lepas casing hp
Panas pada hp juga bisa disebabkan oleh penggunaan casing berbahan tertentu seperti plastik yang terlalu lama.

Penggunaan casing berbahan plastik atau karet dapat memerangkap panas yang dikeluarkan hp sehingga membuatnya menjadi panas.

Untuk mendinginkan hp, kamu bisa melepas casing kemudian meletakkannya di lantai selama beberapa saat untuk membantu menurunkan suhunya.

Source : https://www.cnnindonesia.com/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next