Informasi penting untuk warga Desa Kedunggudel, menghimbau untuk memperbaharui data kependudukan melalui aplikasi dan pengajuan pengguna ke kasi pemerintahan

Artikel

Pertemuan Kelas Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

03 Februari 2024 10:59:44  TRI BANGUN SETIAWAN  24 Kali Dibaca  Berita Desa

kedunggudel.desa.id - Bukan hanya kelas IPA dan IPS, ternyata ada lho kelas untuk Ibu Hamil. Di kelas tersebut kelompok ibu hamil akan mendapatkan informasi berkaitan  kehamilan dan persalinan. Melalui program desa, bidan desa dan di bantu dengan Kader Desa secara rutin menyampaikan berkatian tentang kehamilan.

Sabtu (03/02), Bertepatan di Balai Desa Kedunggudel, Rohmatul Fajriya dan Kunik Wijayanti selaku bidan desa menyapaikan bahwa kegiatan ini akan berlansung selama 4 hari kedepan. Dihadiri Puluhan Ibu hamil Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar di ditutup dengan makan bersama sebagai penunjang gizi bagi ibu-ibu hamil.

yuk kita bahas apa saja yang di dapat di kelas ibu hamil...?

Di kelas ibu hamil, Bunda akan mendapat pengetahuan lengkap seputar apa saja yang harus diketahui oleh seorang ibu selama hamil. Mulai dari gizi seimbang ibu hamil, persiapan menghadapi proses persalinan, perawatan pasca persalinan dan nifas, hingga perawatan bayi baru lahir. Di kelas ini juga diajarkan senam ibu hamil untuk ibu yang usia kandungannya 20-36 minggu (5-9 bulan).

Selain agar mendapat berbagai materi yang penting, Ayah pun juga jadi paham apa saja cara terbaik untuk menjaga istrinya yang sedang mengandung. Dukungan dari orang terdekat memang sangat penting untuk ibu hamil. Selain suami, ibu kandung atau ibu mertua, saudara perempuan, sahabat, atau calon pengasuh, juga diperkenankan mengikuti kelas ini untuk mendampingi ibu hamil.

Nah, berikut manfaat-manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari mengikuti kelas ibu hamil:

  1. Sarana mendapat teman. 

Tentu menyenangkan jika memiliki teman bicara dan berbagi selama masa-masa penting ini. Bunda dan kawan sesama ibu hamil bisa saling bertukar pengalaman atau keluh kesah, serta saling menyemangati mengenai kehamilan masing-masing. 

  1. Bertemu dengan fasilitator yang biasanya adalah bidan atau petugas kesehatan. 

Mereka adalah pihak-pihak yang berpengalaman dan memiliki keahlian seputar kehamilan. Bila Bunda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai kehamilan Bunda, tidak perlu malu atau sungkan untuk mengajukan pertanyaan karena Bunda bertanya pada sumber yang tepat. 

  1. Ibu hamil akan dibekali pengetahuan seputar:

  • Keluhan-keluhan yang sering dialami ibu hamil, termasuk perubahan fisik dan emosional. Apabila Bunda khawatir dengan kondisi tertentu yang dialami dalam masa kehamilan, Bunda bisa memastikan apakah hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan lumrah.

  • Mitos dan fakta. Pada proses kehamilan, banyak mitos yang beredar dan perlu diluruskan. Para ahli akan memberikan penjelasan medis mengenai hal-hal yang dianggap tabu, juga mana yang perlu Bunda khawatirkan atau sekedar mitos belaka.

  • Pencegahan penyakit dan komplikasi kehamilan. Mulai dari Infeksi Menular Seksual (IMS), HIV virus penyebab AIDS, cara pencegahan HIV/AIDS pada ibu hamil, Kurang Energi kronis (KEK), Anemia (kurang darah), dan tanda bahaya pada kehamilan ataupun persalinan.

  1. Informasi di mana mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Sehingga bila tanda-tanda yang disebutkan pada poin di atas dijumpai pada ibu hamil, Bunda bisa mendapatkan penanganan lebih cepat dan aman.

Sebagian besar kelas ibu hamil dimulai sekitar 8-10 minggu sebelum bayi lahir atau ketika ibu hamil mengandung di usia sekitar 30-32 minggu. Tapi alangkah baik jika Bunda mengikuti kelas pengantar tentang perawatan bayi di awal kehamilan. 

Jangan lupa juga untuk memeriksakan kandungan secara berkala dan banyak bertanya pada bidan yang ada mengenai kiat-kiat terbaik dalam menjaga kehamilan Bunda. Semoga persalinan Bunda aman, nifas nyaman, ibu selamat, dan bayi sehat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next